24
Jan
08

Bulan Tertib Pemasyarakatan Program Unggulan PAS

Jakarta, hukumham.info–Mengawali tahun 2008 jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) melakukan refleksi dan evaluasi sebagai bahan acuan dalam memproyeksi program-program unggulan 2008, melalui langkah-langkah konkrit agar dapat segera memperbaiki opini yang kurang baik. Langkah ini diawali dengan pencanangan Bulan Tertib Pemasyarakatan.

Hal ini dikemukakan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Untung Sugiono saat memberikan materi dalam Workshop Jurnalis Depkumham, di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta (24/01). ”Pencanangannya akan dilaksanakan secara nasional, direncanakan oleh bapak menteri (Menteri Hukum dan HAM) di Lapas Batu Nusakambangan pada 15 Februari mendatang,” ujar Untung.

Untung menjelaskan kondisi over kapasitas di lapas/rutan menjadi masalah utama penurunan kualitas lapas/rutan. Hal ini mengakibatkan rentang kendali antara petugas semakin luas, karena tidak sebandingnya jumlah petugas dan narapidana yang harus diawasi.

Over kapasitas juga mengakibatkan menurunnya daya dukung sarana dan prasarana yang akan membawa dampak ikutan lain seperti peredaran gelap narkoba, penyalahgunaan penggunaan hand phone, kurangnya pelayanan kesehatan, pungutan liar (pungli), dan adanya warung-warung liar. ”Semuanya harus ditangani secara tuntas,” kata Untung.

Penanganan-penanganan masalah inilah yang menjadi inti Bulan Tertib Pemasyarakatan. Menurut Untung Overkapasitas akan ditangani dengan penambahan kapasitas ruang hunian. Selain itu secara selektif akan dilakukan pemindahan narapidana dari lapas yang padat ke lapas yang masih memungkinkan.

Selain itu juga melakukan terobosan baru dalam penangangan over kapasitas dengan memberlakuan optimalisasi pemberian remisi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat. ”Selain dapat mengurangi over kapasitas, juga akan menghemat penggunaan anggaran,” jelas Untung.

Untuk penanganan peredaran gelap narkoba langkah yang dilakukan antaralain penggiatan penggeledahan baik secara rutin maupun insidental, pemasangan alat deteksi narkoba dengan teknologi tinggi, menindak tegas narapidana maupun petugas yang terlibat perkara narkoba, membentuk tim satgas khusus pada pos-pos yang dianggap rawan, melakukan tes urine secara berkala, kerjasama dengan BNN dan Polri, peningkatan berbagai terapi penyembuhan bagi narapidana pengguna narkoba, dan pemisahan penempatan bandar dan pengguna.

Area lapas/rutan juga akan disterilkan dari penggunaan hand phone baik oleh pegawai maupun penghuni. Namun untuk memenuhi kebutuhan komunikasi antara penghuni dan keluarganya sudah dijalin kerjasama dengan Telkom untuk menyediakan telepon umum di lapas/rutan yang penggunaannya dapat diawasi. ”Penggunaan HP bisa dimungkinkan untuk disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik,” kata Untung.

Untuk praktek pungli, Untung mengatakan akan menindak tegas petugas yang melakukan pungli. Selain itu Ditjen PAS telah melakukan kebijakan yang bersifat internal dengan peningkatan kesejahteraan dengan memberikan tunjangan bagi pegawai pemasyarakatan.

Program lainnya adalah penangan pelayanan kesehatan terutama peningkatan program Rumatan Metadon bagi narapidana/tahanan yang ketergantungan narkoba, penanggulan penyakit menular, peningkatan kualitas makanan dan kerjasama dengan intansi pemerintah dan LSM.

Pembinaan kegiatan kerja juga akan digalakkan. Untung mengatakan sudah saatnya menghidupkan berbagai jenis kegiatan kerja yang produktif. Disamping memberi penghasilan bagi narapidana juga akan menambah penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dengan dicanangkannya program Bulan Tertib Pemasyarakatan maka kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan wajib melaksanakan berbagai kegiatan yang diinstruksi Dirjen Pemasyarakatan.

”Dari hasil laporan dan sidak (Inspeksi Mendadak) kita tahu mana lapas yang benar-benar melakukan, mana yang setengah-setengah, mana yang tidak melakukan pencanangan ini,” ujar Untung.

Pada kesempatan ini Dirjen Pas juga meresmikan penggunaan warung telekomunikasi (Wartel) Lapas Cipinang, peluncuran website Lapas Cipinang dan Rutan Salemba serta penggunaan SMS Broadcasting Kantor Wilayah Depkumham DKI Jakarta.

http://hukumham.info/index.php?option=com_content&task=view&id=585&Itemid=43


0 Responses to “Bulan Tertib Pemasyarakatan Program Unggulan PAS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


narko1.jpg
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip Artikel

Galeri Foto

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Gentong Madura 1 Aromatherapy

Model Gentong Madura 2 Aromatherapy

Pelatihan Aromatherapy C 137

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: