04
Jan
08

Awal 2008, Depkumham Kian Membuka Diri

Jakarta, hukumham.info— Mengawali tahun 2008, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) akan lebih membuka diri bagi media dan masyarakat untuk mendapatkan berbagai data dan informasi menyangkut Depkumham.

Buktinya, Depkumham tidak hanya meluncurkan Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK). Namun, juga mengawali agenda 2008 dengan mengadakan workshop jurnalistik. “Secara berkala, saya dan para pejabat Depkumham akan menjelaskan berbagai kebijakan baru Depkumham,” papar Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Andi Mattalatta saat memberi sambutan pada acara pembukaan workshop jurnalistik di Gedung Utama Depkumham, Jakarta (04/01)Workshop yang diadakan di ruang Soepomo ini juga memuat proyeksi awal tahun dengan melakukan refleksi apa saja yang sudah dan akan dilakukan Depkumham. Karena itu, workshop ini juga akan menguraikan tugas-tugasnya melalui 11 unit yang dibawahi Depkumham.

Kesebelas unit itu terdiri dari Sekretariat Jenderal (Sekjen), Inspektorat Jenderal (Itjen), dua badan, dan enam Direktorat Jendaral. Kedua badan tersebut adalah Badan Pembinaan Hukum Nasional dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Sedangkan keenam ditjen yang ada di Depkumham yaitu Peraturan Perundang-undangan (PP), Administrasi Hukum Umum (AHU), Imigrasi, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), HAM, dan Pemasyarakatan.

Luasnya spektrum tugas ini pun menempatkan Depkumham pada posisi yang strategis dalam pembangunan hukum. Namun di sisi lain, juga membawa konsekuensi terhadap kompleksitas pelaksanaan tugas.

Andi pun sempat menyinggung tugas fungsi Depkumham yang masih tidak dipahami publik. ”Sampai saat ini, masih ada persepsi bahwa di Depkumham memiliki kewajiban penegakan hukum dalam kaitan dengan putusan pengadilan. Padahal, peran ini sudah diambil alih oleh Mahkamah Agung (MA),” tegas Andi.

Sementara fungsi penegakan hukum yang dipegang Depkumham meliputi kebijakan pembentukan hukum, penerapan hukum, dan pelayanan hukum.

Setelah menguraikan tugas dan fungsi Depkumham, Andi menghimbau agar media dapat lebih memahami sekaligus dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang lingkup tugas Depkumham yang lebih akurat setelah mengikuti workshop ini.

Pada akhir sambutannya, Andi mengharapkan masukan dan saran dari media menyangkut berbagai kebijakan dan pelayanan yang diberikan Depkumham dengan mengadakan kompetisi jurnalistik.

“Kami mengundang para wartawan cetak, foto, dan televisi untuk mengirimkan karya terbaiknya dalam Kompetisi Jurnalistik Depkumham Tahun 2008,” katar Andi kepada para wartawan dari 27 media.***

http://hukumham.info/index.php?option=com_content&task=view&id=510&Itemid=43


1 Response to “Awal 2008, Depkumham Kian Membuka Diri”


  1. Agustus 18, 2010 pukul 3:54 pm

    Setiap departemen yang ada di republik ini sudah seharusnya terbuka kepada rakyat,, maju indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


narko1.jpg
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip Artikel

Galeri Foto

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Gentong Madura 1 Aromatherapy

Model Gentong Madura 2 Aromatherapy

Pelatihan Aromatherapy C 137

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: