09
Des
07

KEMULIAAN TUGAS PARA SIPIR

Keterangan foto :
Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta berfoto bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Depkumham Sumatera Barat dengan para Kepala Devisi seusai memberikan pengarahan kepada kepada pejabat struktural dan pegawai di Aula Kantor Wilayah Depkumham, Jumat, 7 September 2007.

Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta meminta kepada seluruh jajaran departemen Hukum dan HAM khususnya jajaran Lembaga Pemasyarakatan (lapas) untuk merasa bangga atas tugas yang diemban selama ini. Menurut Andi Mattalatta, tugas para sipir jauh lebih mulia dan berat daripada tugas seorang dosen.

Seorang dosen akan memberi pelajaran kepada orang-orang yang secara nyata dan sadar berkeinginan untuk dibimbing, selain itu mereka datang dalam kelompok yang relatif sama dari sisi usia, tujuan maupun kewajiban membayar ke penyelenggara pendidikan. Sementara penghuni lapas, orang-orang yang masuk ke dalam lingkungan ini adalah mereka yang mempunyai berbagai masalah dan secara jujur hanya keterpaksaan sehingga mengikuti segala aturan yang dibuat. Demikian hal ini disampaikan Andi Mattalatta ketika memberikan pengarahan di hadapan pejabat struktural dan pegawai Kantor Wilayah Depratemen Hukum dan HAM Sumatera Barat di Aula Kantor Wilayah, Jumat, 7 September 2007.Menurut data yang ada, di Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Sumatera Barat terdapat 21 Unit Pelaksana teknis (UPT) Pemasyarakatan, terdiri dari 8 (delapan) Lapas, 5 (lima) Rutan, 5 (lima) Cabang Rumah Tahanan Negara (Cab Rutan), 2 (dua) Balai Pemasyarakatan dan 1(satu) Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) alias penghuni Lapas/Rutan per Juni 2007 berjumlah 2.589 orang, terdiri dari : narapidana 1.646 orang, Tahanan 943 orang, dengan klasifikasi menurut gender narapidana/tahanan pria berjumlah 1.607, sedang wanita 82orang dan narapidana/tahanan anak 45 orang. Dalam hal ini jumlah WBP yang ada tidak seimbang dengan jumlah kapasitas tampung yang hanya 1.968. sehingga di beberapa UPT terdapat kelebihan penghuni. Tahun 2006 telah terjadi over kapasitas sebanyak 1.738 orang kemudian tahun 2007 over kapasitas meningkat menjadi 2.893 orang.

Selain itu Narapidana Narkotika cenderung meningkat, Oleh karena itu Pemerintah Daerah Sumatera Barat dalam “Kesepakatan Ranah Minang” oleh Gubernur, Bupati, Walikota dan Ketua/anggota DPRD se-Sumbar yang antara lain menyebutkan “Perlunya dibangun Lembaga Pemasyarakatan khusus narkotika”. Dan dalam hal ini Walikota Sawahlunto telah menyediakan lahan seluas 10 Hektar tanpa ganti rugi, yang diperuntukan bagi lapas narkotika.

Sebelum memberi pengarahan, Andi Mattalatta, bersama Wakil Ketua DPD RI Irman Gusman dan Gubernur Sumatera Barat meninjau Lapas Kelas II A Padang yang over kapasitas dari kapasitas 315 orang, diisi oleh 764 orang. Selain itu, lokasi bangunan Lapas tersebut oleh Pemkot Padang untuk menjadikan garis sepanjang pantai Padang sebagai lokasi pariwisata “Padang Bay City”, dan berada di pinggir pantai Padang yang rawan tsunami. Untuk itu perlu adanya realokasi bangunan Lapas Kelas II A Padang dengan melakukan ruislag dengan pihak ketiga (Hasbullah).

http://www.depkumham.go.id/templates/NewsComment.aspx?pm3nc=1¶ms=Z3VpZD0lN2JGMDBGQjI5OS1FNzUxLTRDQTgtOEYxOC1CRTQ2MTA0RUQxQUIlN2Q%3d


0 Responses to “KEMULIAAN TUGAS PARA SIPIR”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


narko1.jpg
Desember 2007
S S R K J S M
    Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip Artikel

Galeri Foto

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Batu Candi Aromatherapy

Model Gentong Madura 1 Aromatherapy

Model Gentong Madura 2 Aromatherapy

Pelatihan Aromatherapy C 137

Lebih Banyak Foto

%d blogger menyukai ini: